Friday, April 22, 2011

Setting Email Account di Mozilla Thunderbird untuk Linux Ubuntu 10.10

Setelah Anda selesai menginstall Mozilla Thunderbird di Linux Ubuntu 10.10 (baca http://artikel-ict.blogspot.com/2011/04/install-mozilla-thunderbird-mailnews.html), maka Anda bisa mensetting email account dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Mengklik menu Applications --> Internet --> Mozilla Thunderbird Mail/News. Setelah itu akan muncul tampilan layar seperti gambar berikut.
  1. Di kolom Your name bisa Anda isi dengan nama lengkap Anda. Di kolom "Email Address" bisa Anda isi dengan alamat email Anda. Pengisian kolom Password adalah sebuah pilihan, maksudnya adalah bisa Anda isi, bisa juga Anda tidak isi.
  2. Anda bisa mencontreng pilihan Remember password jika Anda ingin kata sandi yang Anda ketikkan tetap tersimpan (diingat atau di-remember) oleh Mozilla Thunderbird. Ini juga sebuah pilihan.
  3. Setelah selesai, Anda bisa mengklik Continue dan Mozilla Thunderbird akan mencari settingan POP/IMAP dan SMTP yang sesuai dengan penyedia layanan email Anda (misal Gmail atau Yahoo! Mail). Itu jika Anda sedang terkoneksi ke internet.
  4. POP (baca http://id.wikipedia.org/wiki/Post_Office_Protocol_versi_3 dan IMAP (baca  http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Message_Access_Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk menerima email dari server. Sedangkan SMTP (baca http://id.wikipedia.org/wiki/Simple_Mail_Transfer_Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk mengirimkan email ke server.
  5. Setelah itu Anda dapat memilih salah 1 dari 2 pilihan yang ada, yaitu IMAP dan POP. Kemudian Anda bisa mengllik tombol Create Account dan layar utama Mozilla Thunderbird akan tampil.
  6. Jika pilihan Remember password tidak  Anda  contreng, maka Anda akan dipersilahkan untuk mengisi kata sandi Anda.
  7. Setting Email Account di Mozilla Thunderbird untuk Linux Ubuntu 10.10 selesai dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment