Monday, May 16, 2011

Setting Preferences di Empathy untuk Linux Ubuntu 10.10

Setelah Anda selesai mensetting Account di Empathy untuk Linux Ubuntu 10.10 (baca http://artikel-ict.blogspot.com/2011/04/setting-account-di-empathy-untuk-linux.html), maka Anda bisa mensetting Preferences di Empathy untuk Linux Ubuntu 10.10 dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Membuka Empathy.
  2. Mengklik menu Edit --> Preferences. Setelah itu akan muncul tampilan layar seperti gambar berikut.
  1. Dari tampilan layar tersebut, terdapat 5 buah tab, yaitu tab General, Notifications, Sounds, Spell Checking, dan Themes.
  2. Pertama-tama Anda klik pada tab General. Pilihan show smileys as images bisa Anda klik jika Anda menginginkan smiley ditampilkan sebagai gambar. Pilihan Open new chats in separate windows bisa Anda klik jika Anda menginginkan setiap chat yang baru ditampilkan di window yang terpisah. Pilihan "Display incoming events in the notification area" bisa Anda klik jika Anda menginginkan untuk menampilkan kegiatan-kegiatan yang akan datang di "notification area". Pilihan Automatically connect at startup bisa Anda klik jika Anda menginginkan Empathy secara otomatis connect ketika Empathy terbuka atau aktif. Pilihan "Log conversations" bisa Anda klik jika Anda menginginkan percakapan Anda di Empathy dibuatkan lognya (disimpan oleh Empathy). Kemudian Anda klik pada tab Notifications dan akan muncul tampilan layar seperti gambar berikut.
  1. Dari tampilan layar tersebut, Anda bisa mengklik pilihan Enable bubble notifications jika Anda menginginkan Empathy untuk menampilkan bubble notifications. Pilihan Disable notifications when away or busy bisa Anda klik jika Anda menginginkan Empathy untuk tidak menampilkan notifikasi ketika status diset menjadi away atau busy. Pilihan Enable notifications when the chat is not focused bisa Anda klik jika Anda menginginkan Empathy untuk menampilkan notifikasi ketika chat sedang tidak aktif atau fokus. Pilihan Enable notifications when a contact comes online bisa Anda klik jika Anda menginginkan Empathy menampilkan notifikasi ketika sebuah contact baru saja online. Pilihan Enable notifications when a contact goes offline bisa Anda klik jika Anda menginginkan Empathy menampilkan notifikasi ketika sebuah contact baru saja offline. Pilihan "Show incoming messages in the messaging menu" bisa Anda klik jika Anda menginginkan Empathy menampilkan pesan-pesan yang masuk di "messaging menu". Kemudian Anda klik pada tab Sounds dan akan muncul tampilan layar seperti gambar berikut.
  1. Dari tampilan layar tersebut, Anda bisa mengklik pilihan Enable sound notifications jika Anda menginginkan untuk mengaktifkan notifikasi dengan suara. Pilihan Disable sounds when away or busy bisa Anda klik jika Anda menginginkan untuk menonaktifkan notifikasi suara ketika status diset menjadi away atau busy. Di kolom Play sound for events, terdapat 7 pilihan, yaitu Message received (berbunyi ketika ada pesan masuk), Message Sent (berbunyi ketika ada pesan terkirim), New Conversation (berbunyi ketika ada pesan atau conversation baru), Contact goes online (teman baru saja online), Contact goes offline (teman baru saja offline), Account connected (Empathy terhubung), dan Account disconnected (Empathy terputus) yang bisa Anda pilih.
  2. Mengklik tombol Close.
  3. Setting Preferences di Empathy untuk Linux Ubuntu 10.10 selesai dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment